Visi Muhammadiyah

VISI, MISI & USAHA MUHAMMADIYAH

 

VISI:

Terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya

MISI:

  1. 1.Menegakkan tauhid yang murni berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah
  2. 2.Menyebarkan ajaran Islam yang bersumber pada Al-Qur’an dan As-Sunnah
  3. 3.Mewujudkan Islam dalam kehidupan pribadi, keluarga, dan masyarakat

USAHA:

  1. 1.Menanamkan keyakinan, memperdalam dan memperluas pemahaman, meningkatkan pengamalan, serta menyebarluaskan ajaran Islam dalam berbagai aspek kehidupan.
  2. 2.Memperdalam dan mengembnagkan pengkajian ajaran Islam dalam berbagai aspek kehidupan untuk mendapatkan kemurnian dan kebenarannya.
  3. 3.Meningkatkan semangat ibadah, jihad, zakat, wakaf, shadaqah, hibah, dan amal shalih lainnya.
  4. 4.Meningkatkan harkat, martabat, dan kualitas sumberdaya manusia agar berkemampuan tinggi serta berakhlaq mulia.
  5. 5.Memajukan dan memperbaharui pendidikan dan kebudayaan, mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta meningkatkan penelitian.
  6. 6.Memajukan perekonomian dan kewirausahaan kea rah perbaikan hidup yang berkualitas
  7. 7.Meningkatkan kualitas kesehatan dan kesejahteraan masyarakat
  8. 8.Memelihara, mengembangkan, dan mendayagunakan sumberdaya alam dan lingkungan untuk kesejahteraan
  9. 9.Mengembangkan komunikasi, ukhuwah, dan kerjasama dalam berbagai bidang dan kalangan masyarakat dalam dan luar negeri.
  10. 10.Memelihara keutuhan bangsa serta berperan aktif dlam kehidupan berbangsa dan bernegara
  11. 11.Membina dan meningkatkan kualitas serta kuantitas anggota sebagai pelaku gerakan
  12. 12.Mengembangkan sarana, prasarana, dan sumber dana untuk mensukseskan gerakan.
  13. 13.Mengupayakan penegakan hokum, keadilan, dan kebenaran serta meningkatkan pembelaan terhadap masyarakat.
  14. 14.Usaha-usaha lain yang sesuai dengan maksud dan tujuan Muhammadiyah.

 

 

Visi, Misi dan Program Pengembangan:

 

  1. I.Visi 2005 – 2025

Tumbuhnya kondisi dan factor-faktor pendukung bagi perwujudan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Indikasinya sebagai berikut:

  1. 1.Terbinanya kesadaran masyarakat akan keutamaan kehidupan Islami, yang menjamin keselamatan dan kebahagiaan kehidupan dunia dan akhirat (khasanah fiddun-ya wal akhirah), yang ditunjukkan oleh tanggungjawab dan upaya nyata masyarakat dan bangsa bagi terwujudnya kehidupan tersebut;
  2. 2.Terbinanya ajaran Islam dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang kondusif bagi tumbuh kembangnya masyarakat Islami di Indonesia, yang tercermin dengan berkembangnya kapasitas social masyarakat untuk meningkatkan kualitas kehidupan mereka secara mandiri dalam berbagai aspeknya;
  3. 3.Terbinanya sistem pranata social dan Negara yang menjamin serta mendorong terwujudnya kehidupan bangsa dan Negara yang maju, sejahtera dan berkeadilan di bawah naungan ridha Allah (baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur)
  4. 4.Berkembangnya tata kehidupan global yang berkeadilan dan bermartabat, serta semakin proporsionalnya peran dan tanggung jawab umat Islam (dunia Islam) diantara komunitas dunia yang lain.

 

 

  1. II.Visi 2010 – 2015

Meningkatnya konsolidasi gerakan dan pemantapan manajemen organisasi di seluruh jenjang dan jenis kepemimpinan, serta memobilisasi sumberdaya yang dimiliki Muhammadiyah bagi peningkatan kualitas dakwah yang dilakukan persyarikatan dan amal usaha. Indikasinya sebagai berikut:

  1. 1.Meningkatnya konsolidasi gerakan dicirikan oleh menguatnya ideology gerakan di seluruh tingkatan dan kelembaganorganisasi, keterpaduan seluruh jenjang kepemimpinan, terlaksananya fungsi-fungsi kepemimpinan secara dinamis, dinamika dalam melaksanakan program, dan terpecahkan atau tereliminasinya konflik internal.
  2. 2.Mantapnya manajemen organisasi dicirikan oleh berlakunya prinsip dan peraturan organisasi, meningkatnya fungsi-fungsi tatakelola yang baik, terpecahkannya masalah-masalah organisasi, dan peningkatan fungsi organisasi serta kepemimpinan yang membawa perubahan kearah kemajuan.
  3. 3.Termobilisasinya sumberdaya dicirikan oleh peningkatan jumlah anggota dan kader disertai pembinaan yang intensif dan efektif, meningkatnya kualitas kader dalam melaksanakan peran organisasi, dan transformasi kader dalam amal usaha serta peran persyarikatan dalam kehidupan umat, bangsa, dan percaturan global.
  4. 4.Meningkatnya kualitas dakwah dicirikan oleh berkembangnya seluruh bidang garapan Muhammadiyah berbasis dakwah, meluasnya fungsi dakwah bi-lisan dan dakwah bil-hal di masyarakat, pengembangan model-model dakwah yang bersifat baru atau inovatif/terobosan, dan tersedianya pelaku-pelaku dakwah diberbagai bidang usaha Muhammadiyah yang berkualitas.
  5. 5.Meningkatnya kualitas amal usaha dicirikan oleh semakin terintegrasikannya amal usaha dalam sistem dan misi persyarikatan, berkembangnya fungsi amal usaha dalam melaksanakan program persyarikatan, berkembangnya jaringan antar amal usaha di lingkungan persyarikatan, meningkatnya aksi dan pelayanan, serta semakin meningkatnya amal usaha – amal usaha yang bersifat unggul untuk menjalankan misi persyarikatan.

 

  1. III.Misi 2005 – 2025
    1. 1.Menata kembali manajemen organisasi dan jaringan agar mampu dan efektif untuk menjadi gerakan Islam yang maju, professional, dan modern, serta untuk meletakkan landaan yang kokoh bagi peningkatan kualitas persyarikatan dan amal usaha.
    2. 2.Meningkatkan konsolidasi gerakan dan pemantapan manajemen organisasi di seluruh jenjang dan jenis kepemimpinan, serta untuk memobilisasi sumberdaya yang dimiliki Muhammadiyah bagi peningkatan kualitas dakwah yang dilaklukan persyarikatan dan amal usaha.
    3. 3.Meningkakan peran Muhammadiyah dalam pemberdayaan ummat dan bangsa sebagai perwujudan dari peran Muhammadiyah dalam pengembangan masyarakat madani Indonesia, serta dengan tetap menjaga kualitas persyarikatan dan amal usaha Muhammadiyah.
    4. 4.Meningkatkan sinergi dengan seluruh komponen umat dan bangsa Indonesia agar tercipta pranata social yang mantap bagi tumbuh dan kembangnya nilai-nilai Islam di Indonesia sebagaimana tujuan Muhammadiyah dengan tetap meningkatkan kualitas persyarikatan dan amal usaha, secara berkesinambungan dan berkelanjutan.

 

 

  1. IV.Misi 2010 – 2015
    1. 1.Peningkatan dan pengembangan kuantitas dan kualitas Cabang dan Ranting sebagai basis penguatan, pemberdayaan dan perluasan gerakan Muhammadiyah di akar rumput sebagai bagian penting dan strategis dalam mengembangkan kekuatan cicil Islam (masyarakat madani, civil society) di masyarakat
    2. 2.Peningkatan dan pengembangan system gerakan yang ditekankan pada pengayaan kualitas ideology, dan pemikiran yang menjadi basis bagi pengembangan nilai-nilai keagamaan, intelektualitas, dan praksis gerakan yang bersifat pembaruan sebagai bagian penting dan strategis bagi pengembangan tajdid Muhammadiyah untuk pencerahan masyarakat.
    3. 3.Peningkatan dan pengembangan kualitas sumberdaya anggota dan kader sebagai pelaku gerakan yang mampu memperluas peran Muhammadiyah dalam dinamika kehidupan umat, bangsa, dan percaturan global.
    4. 4.Peningkatan dan pengembangan amal usaha dan praksis sosial Muhammadiyah yang unggul dengan memperluas program ekonomi dan pemberdayaan masyarakat sebagai basis kekuatan kemandirian.
    5. 5.Peningkatan dan pengembangan peran strategis Muhammadiyah dalam kehidupan bangsa dan Negara serta percaturan global yang berbasis pada kualitas kepribadian, kemandirian, pencerahan, pembebasan, dan pencerahan.

 

 

  1. V.Program Pengembangan

Yakni hal-hal yang ingin dicapai yang menyangkut aspek-aspek penting dalam periode ini, yang menyangkut lima hal yaitu: (1) Sistem Gerakan, yang berkaitan dengan aspek-aspek dan nilai konsep, yang terkait dengan hal-hal mendasar dalam gerakan Muhammadiyah; (2) Organisasi dan Kepemimpinan, yang berkaitan dengan kelembagaan dan kekuatan penggerak dalam persyarikatan; (3) Jaringan, yang berkaitan dengan hubungan internal dan eksternal; (4) Sumberdaya, yang berkaitan dengan aspek pendukung dan pelaku gerakan, termasuk sumber dana; dan (5) Aksi dan Pelayanan, yang berkaitan dengan aktivitas secara langsung persyarikatan dan dapat dinikmati hasilnya oleh warga dan masyarakat.

 

  1. 1.Sistem Gerakan

1.1.    Menguatnya sistem gerakan Muhammadiyah yang maju, professional, dan modern

1.2.    Menguatnya sistem gerakan Muhammadiyah yang dilandasi keikhlasan dan komitmen dari seluruh anggotanya

1.3.    Menguatnya pemahaman ideologi dan visi gerakan Muhammadiyah

 

  1. 2.Organisasi dan Kepemimpinan

2.1.    Menguatnya sistem manajemen organisasi Muhammadiyah yang dinamis dan produktif

2.2.    Menguatnya sistem kepemimpinan kolektif kolegial yang transformative yang mampu memberikan keteladanan, memobilisasi potensi, memproyeksikan masa depan, dan mengagendakan perubahan.

2.3.    Perluasan organisasi dan kepemimpinan Daerah, Cabang, dan Ranting sebagai basis gerakan di tingkat bawah.

2.4.    Tersusunnya rancangan dan terlaksananya perintisan restrukturisasi organisasi yang bercorak gerakan antara lain berasas potensial, responsive, dan desentralisasi sejalan dengan prinsip gerakan Muhammadiyah.

 

  1. 3.Jaringan
    1. 1.Menguatnya peran dan jaringan keumatan, kebangsaan, dan kemanusiaan universal
    2. 2.Menguat dan meluasnya jaringan amal usaha, kegiatan, dan perangkat persyarikatan
    3. 3.Menguatnya hubungan dan kerjasama internasional

 

  1. 4.Sumberdaya
    1. 1.Terlaksananya pembinaan, pengembangan, dan pemberdayaan anggota Muhammadiyah sebagai subyek gerakan secara konsisten dan berkelanjutan.
    2. 2.Terlaksananya sistem kaderisasi dan regenerasi dalam Muhammadiyah secara konsisten dan berkelanjutan
    3. 3.Meningkatnya jumlah simpatisan sebagai basis rekrutmen anggota Muhammadiyah
    4. 4.Terlaksananya sistem pengelolaan sumber-sumber dana, harta kekayaan, dan asset Persyarikatan secara transparan, akuntabel, dan konsisten.

 

  1. 5.Aksi dan Pelayanan
    1. 1.Terbangunnya sinergi pelayanan publik sebagai wahana untuk menumbuhkembangkan Islamic Civil Society.
    2. 2.Terlaksananya pelayanan publik melalui amal usaha, program, dan kegiatan Muhammadiyah yang berkualitas
    3. 3.Terlaksananya fungsi advokasi dalam pelayanan dan kebijakan publik dari gerakan Muhammadiyah

 

IPO (Input-Process-Output) Values Framework dan Indikator Perilakunya

  • INPUT VALUES yang tepat dapat mengantisipasi dan menjaring karakteristik calon anggota yang mendaftar sebagai anggota
  • PROCESS VALUES yang dijalankan dengan baik dalam kepengurusan dan pengelolaan untuk meningkatkan mutu interaksi antar manusia
  • OUTPUT VALUES yang dipikirkan dengan baik akan memfokuskan organisasi dan amal usaha kepada hal-hal yang diharapkan agar tujuan dapat tercapai dengan baik.

 

Member Access